alat rumah tangga tradisional jawa barat No ratings yet.

NAMA ALAT DAPUR TRADISIONAL JAWA BARAT

Nyiru (tampah)
Adalah anyaman bambu yang berbentuk bulat, dipakai untuk mencuci kotoran atau benda yang tidak dibutuhkan pada beras atau kacang-kacangan yang ditapinya sebelum dimasak.

Cukil (entong/centong)
Adalah alat guna mengaduk atau memungut nasi yang berbentuk laksana sendok dengan ukuran yang agak besar, tercipta dari kayu atau batok kelapa.

Cecempeh
Adalah nyiru kecil yang dipakai untuk menyimpan bunbu dapur.

Dulang
Wadah lokasi menyimpan nasi sesaat setelah dialihkan dari aseupan guna dikipasi dengan hihid(diakeul).

Boboko
Adalah lokasi menyimpan nasi atau kadang-kadang digunakan untuk membasuh beras sebelum dimasak.

Langseng
Adalah alat guna memasak nasi yang ditaruh di atas hawu (tungku api), terdapat yang tercipta dari logam ataupun alumunium, bentuknya serupa panci besar yang ramping di unsur tengah. .

Aseupan
Alat guna memasak nasi berbentuk kerucut, tercipta dari anyaman bambu, ditaruh di atas langseng dengan posisi unsur yang runcing sedang di bawah.

Hawu (tungku api)
Adalah lokasi memasak yang memakai kayu sebagai bahan bakarnya, tercipta dari tanah liat atau adukan semen campur batu, seringkali tersimpan di pawon(dapur).

Anglo
Yaitu perapian untuk memasak yang memakai arang kayu sebagai bahan bakarnya, seringkali dipakai guna memasak tanpa memakai minyak, contohnya untuk menciptakan surabi.

Tapir
Sejenis nyiru yang berukuran lebih besar, tercipta dari anyaman bambu yang tidak cukup rapat sampai-sampai terlihat laksana ram.

Songsong
Alat guna meniupkan udara ke dalam hawu supaya api menjadi menyala lebih besar, berbentuk pipa, tercipta dari batang bambu, teknik menggunakannya ialah dengan meniupkan udara ke di antara ujung songsong lantas ujung songsong yang lain ditunjukkan ke kayu bakar yang terdapat di dalam hawu.

Hihid
Adalah kipas berbentuk katak yang tercipta dari anyaman bambu, memiliki pegangan yang tercipta dari batang bambu. Dipakai untuk menenangkan nasi panas yang baru dipungut dari aseupan.

Ayakan
Adalah perangkat yang bermanfaat untuk menyaring santan dari parutan kelapa atau sari parutan singkong. t

mutu
Alat guna menghaluskan bunbu, tercipta dari batu

Coet
Tempat bumbu yang bakal dihaluskan oleh mutu.

Halu
Alat penumbuk padi, biji kopi, ketan, dan lain-lain, tercipta dari kayu sebesar lengan dengan panjang yang bervariasi kira-kira satu meteran lebih.

Pipiti
Wadah berbentuk kotak yang tercipta dari anyaman bambu, bermanfaat untuk menyimpan bahan makanan, bias juga digunakan untuk menyimpan hidangan yang dikirim guna tamu undangan pada pesta perkawinan atau haru-hari besar.

baca juga : menjual daster dengan harga murah 

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *